Cara Memasang Relay Klakson

Cara pasang relay klakson pada motor dan mobil. Klakson pada mobil atau motor yang belom dipasang relay umunya suaranya kurang keras. Hal ini disebabkan karena kontaktor pada saklar tidak kontak secara sempurna sehingga arus yang masuk ke klakson kurang (baca: tegangan ngedrop), padahal klakson memerlukan arus yang kuat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka saya ingin berbagi cara memasang relay untuk klakson.
skema relay klakson
Alat dan bahan:
– Relay kaki 4 merk Hella/Bosch/dll. beserta soketnya. Sebenarnya relay kaki 5 juga bisa asal yang kaki no 87 dan 87a tersambung (NO : normally open).
– Kabel diameter 1mm
– Sekring 10A
– Skun /konektor
– Tang dan isolasi

skema relay klakson

Cara Pasang:
  1. Cari tempat dimana klakson dan relay akan dipasang.
  2. Rangkai kabel seperti skema, atur supaya rapi.gunakan isolasi biar tambah aman sambungannya.
  3. Kaki relay 85 dan 86 ke kabel klakson ori (bolak-balik terserah)
  4. Kaki relay 30 menuju ke +12v aki, jangan lupa pasang sekring sebagai pengaman
  5. Kaki relay 87 menuju ke salah satu kutub klakson (terserah bolak-balik bisa). Kutub klakson yang satunya langsung ke massa. Dalam pemasangan gunakan skun/konektor yang bagus biasanya merk utilux.
Cara Kerja: Ketika kunci ON arus dari aki masuk ke relay tapi relay belum aktif, ketika saklar klakson ditekan maka relay baru aktif karena massa tersambung.  Ketika relay aktif maka di dalamnya terjadi kontak antara kaki 30 dan 87, sehingga arus dari aki masuk ke klakson. Klakson langsung berbunyi karena massa klakson langsung tersambung ke body. Kurang jelas? silahkan berikan komentar di bawah 🙂

semoga bermanfaat 🙂

54 thoughts on “Cara Memasang Relay Klakson”

  1. @nano: iya pak yg kaki 30 langsung ke aki
    @sanusi: alhamdulillah .. makasih udah mampirr pak..
    @ade: sipp.. pak
    @jelly: sama2 pak
    @all :maaf baru bisa pegang laptop.. abis pendidikan di kopassus hehehe

  2. masang buat klakson pak??
    test relay dengan nyambung kaki 85-86 ke kabel klakson ori lalu tekan tombol klakson. kalo berbunyi klik saat tombol ditekan berarti relay normal..

    kaki 85 86 disambung aja ke kabel klakson ori…
    kaki 30 ke aki
    kaki 87 ke salah satu konektor klakson
    konektor klakson yg satunya langsung ke ground/body/massa/kutub negatif.

  3. aq udah pasang pake relay..keras memang krn aku pake klakson orinya mobil innova…nah kendalanya ketika aq pasang lampu HID kalo malam klaksonku gk kuat bunyi..udh aq tambah pake kapasitor juga gk ada perubahan..ada saran gak biar bisa keras klaksonku saat aq nyalakan lampu

  4. iya hid 35watt kiprok baru trus kabel kuning di kiprok ane cabut..biar sepul hanya ngisi aki aja…lampu standar arusnya udah aq rubah dc gan
    ..aq bru pake 5bln aki standard atau mungkin klakson standarnya kijang innova terlalu berat ya 😀

  5. kalo boleh tau motornya apa mas?? udah di DC fullwave?kiprok pake apa+akinya brp Ah? aku pake klakson mobil juga, Denso ky avansa/innova gt, bohlam depan pake H4 100/90watt aman2 aja 😀

  6. Bg .. motor saya cb150 pake klakson kapal.. suara sudah ok tp kedip sdikit lampu ktika klakson dibunyiin.. kira2 gmna itu ya bg

  7. @fendy: kaki 85 86 fungsinya buat idupin relaynya… bisa saja diberi saklar tersendiri jadi misal 85 ke negatif yang 86 dari saklar

    @kumpulan: bisa aja mas tinggal yang 87 di sambung ke positif klakson.. negatif klakson langsung ke negatif body

    @an: itu tegangan drop… coba pasang relay dulu..

  8. Gan mw tanya, mtr aq verza pngn pasang klakson mobil sendiri tnp hrs kebengkel klakson. Mnt tips perangkat ap aj yg hrs aq beli? Trus kapasitas'a brp ( sekring brp A? Relay brp V?). Thanks y gan..

  9. Ibanes: sekarang ada kabel set klakson yang udah jadi di toko alat mobil, biasanya merk MX… cuma kalo motor mending buat sendiri aja. bahan relay 1 biji, sekring+rumahnya, skun kolong, skun gepeng untuk ke soket klakson, kabel, isolasi .. sms aja mas biar enak ngobrolnya.. nomer hape ada di menu "cara order" diatas 😀

  10. gan…mau nanya doonng…klakson denso avanza di motor MX saya mati ga kluar suara nya tp pas di cek di relay nya.pas di tekan klakson nya bunyi tek..tek..tek..brrti relay nya normal kan ya..trus apa nya yg masalah ya gan?

  11. jalur kabel dan relay udh sesuai prosedur, namun setelah di coba klason gak bunyi malah relay yg bunyi cletek…cletek, terus saya coba gak pake relay klakson langsung ke aki klason bunyi gak maslah. itu penyebabnya kenapa?

  12. Relay cletak cletek menandakan relay bagus tapi kabel/soket sambungan ke klakson longgar atau lepas, cb cek lg soket sambungannya. Atau bisa jadi kabel yg dipakai putus di dalam, cara ngeceknya bisa pakai multitester yg ada "buzz"nya, hubungkan pd ujung2 kabel kalau multitester bunyi berarti kabel ga putus.

  13. saya sudah pasang sesuai prosedur, jalur 30 yg ke aki saya ambil dari kabel positip yang keluar dari kontak, kalo cuma dikontak doang, klakson gak bunyi, kalo mesin dinyalakan baru klaksonnya bunyi, sekarang tambah masalah lagi, kenapa lampu sein saya jadi konslet setelah saya pasang relay, padahal saya gak sentuh kabel lampu sein tolong pencerahannya , trims

  14. Klo rangkaian relay untuk lampu led DRL yg nyala ketika mesin nyala seperti apa rangkaiannya bro, mohon pencerahannya… motor saya supra x 125 helm in…..

  15. malam gan….saya sudah pasang sesuai..dengan petunjuk..dan ga ada yg slah(menurut saya)tapi pas saya coba kok klakson ga bunyi ya….cuman suara relay nya yg bunyi cetak cetok apanya ya gan….mohon masukannya .trima kasih

  16. infonya jos..saya lihat sambil masang hihi..tpi kok saat udh bunyi lampu di spido ikut kedip ya..emg begitu apa ada yang salah gann,,infonyaa.maksih

  17. Mohon pencerahannya bro Danang.
    Saya mau tanya no 85 dan 86 kabelnya dipasang diklakson ori,berarti untuk membunyikan klakson tambahan dari tombol klakson ori ya bro? Terus bermasalah gak dengan sistem kelistrikkan bawaa motor yg laennya bro? Klu no 85 dan 86 dipasang swicth tombol tersendiri tanpa ganggu kabel klakson ori bisa gak bro?
    Mohon masukkan dan pencerahannya bro Danang.
    Terima kasih

  18. Gan kalo mau pasang klakson tambahan tapi untuk alarm motor gimana ya?biar kalo konci kontak on,klakson tambahan bunyi ,tin,tin,tin,mksdnya bunyi putus putus,makasih gan,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *