Persiapan pernikahan harus 1 tahun sebelumnya. Perlukah?

Akhir-akhir ini semakin banyak calon pasangan suami-istri yang akan menggelar pesta pernikahannya. Tema nya pun beragam. Ada yang memilih suasana indoor, lengkap dengan segala dekorasi nya. Ada juga yang lebih memilih untuk menggelar pernikahan dengan tema outdoor yang cenderung santai dan tidak begitu banyak memakan dekorasi, namun bergantung pada cuaca. Pilihan-pilihan tersebut merupakan sebagian kecil dari persiapan pernikahan yang harus dipikirkan oleh calon pengantin. Berkaitan dengan hal itu, apa saja sih yang harus disiapkan? Dan berapa lama waktu yang paling efektif dalam mempersiapkan pernikahan?

  1. Tanggal pernikahan

Bagi Calon pengantin yang sangat memegang teguh adat Jawa atau adat lain khususnya dan mengharuskan adanya perhitungan hari berdasarkan tanggal lahir calon pengantin, masing-masing orang tua, bahkan mungkin nenek moyang, sangat diwajibkan untuk memutuskan tanggal pernikahan ini sebisa mungkin minimal 1 tahun sebelumnya. Mengapa? Karena tidak semua perhitungan akan berakhir dengan tanggal atau bulan yang diinginkan sehingga jika kita sudah terlanjur melakukan persiapan lain, akan sangat sia-sia. Namun untuk Calon pengantin yang lebih memilih untuk berpikiran secara modern, silahkan pilih tanggal dan bulan yang tidak terlalu dekat dengan bulan anda memutuskan untuk menikah. Semisal, anda melakukan lamaran pada bulan Juni, dan memutuskan untuk menikah di bulan Agustus, hal ini sangat tidak disarankan karena mengingat masih banyak hal lain yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari seperti undangan. Tanggal pernikahan ini biasanya akan ditentukan oleh kedua pihak untuk kebaikan bersama, namun ada juga yang menyerahkan semua kepada satu pihak semisal pihak perempuan atau laki-lakinya.

 

  1. Mas Kawin

Mas kawin ini ada bermacam-macam. Untuk artikel ini, saya hanya akan membahas mas kawin yang biasanya diberikan oleh calon pengantin Muslim. Mas kawin secara umum bisa terdiri dari seperangkat alat sholat (Mukena, Sajadah, Al qur’an, Tasbih), perhiasan emas (kalung, gelang, anting, cincin(bukan cincin kawin), uang mahar dan cincin kawin. Siapa yang mempersiapkannya? Tentu pihak laki-laki, namun pihak perempuan juga mempunyai hak untuk memilih mas kawin yang akan diberikan. Semisal, pihak perempuan hanya memilih seperangkat alat sholat dan uang tunai tanpa perhiasan juga diperbolehkan. Alat sholat yang bagaimana pun juga boleh dipilih oleh calon pengantin wanita. Hanya saja sifat mas kawin ini haruslah murni dari pihak laki-laki.

 

  1. Gedung

Nah, hal inilah yang paling menjadi momok para calon pengantin, yakni pemilihan gedung. Dari awal, calon pengantin harus memutuskan apakah pernikahan indoor atau outdoor. Jika memilih indoor, pastikan gedung tersebut memfasilitasi pasokan listrik dan lahan parkir yang cukup. Untuk saat ini banyak gedung berlomba-lomba menawarkan lokasinya dengan berbagai macam bonus seperti AC, ruang make-up, bonus jumlah kursi, dsb. Tentu, harganya pun juga sangat bersaing. Calon pengantin harus benar-benar selektif, tidak disarankan untuk mengedepankan kemewahan gedung saja namun lupa untuk mempertimbangkan hal-hal yang lain. Begitu juga dengan pasangan yang memilih outdoor. Pastikan cuaca pada bulan anda melakukan pernikahan tidak hujan, sehingga acara bisa berjalan dengan lancar. Pemandangan yang tersedia juga harus menjadi pertimbangan, karena jika lokasi terlalu gersang, panas dan tidak indah dipandang pasti tamu juga tidak akan merasa nyaman walau didekorasi sedemikian rupa. Pemesanan gedung atau lokasi outdoor harus dipesan minimal satu tahun sebelumnya setelah tanggal pernikahan sudah pasti dan tidak akan berubah.

 

  1. Make-up & Dekorasi

Make-up dan dekorasi sekarang kebanyakan sudah menjadi satu paket. Penerima jasa make-up akan memfasilitasi pelanggannya dengan dekorasi yang diingini. Hal yang harus diisingat tentang make-up adalah, anda harus mencari referensi melalui teman-teman anda, atau melihat foto-foto apakah sesuai dengan gaya anda atau tidak. Jika dirasa penyedia jasa make-up tersebut tidak bisa memenuhi kriteria kepuasan anda, ada baiknya mencari referensi lain. Hal lain yang perlu diingat juga adalah siapa saja keluarga yang akan anda fasilitasi untuk make-up. Jika anda mempunyai dana yang terbatas, maka make up hanya berlaku untuk keluarga inti dan penerima tamu. Namun jika anda memiliki dana yang lebih, anda bisa memperbolehkan saudara-saudara anda untuk juga di make-up. Tapi ingat, jangan sampai kebablasan ya.

 

  1. Catering

Hal yang satu ini sangat berkaitan dengan kecocokan rasa dan lidah anda. Cari referensi sebanyak mungkin dan bonus apa yang akan mereka berikan. Meminta sample pada catering yang anda pilih juga sangat disarankan agar nantinya makanan yang anda ingini sudah sesuai. Yang perlu diperhatikan adalah, berapa orang yang akan anda undang. Jika anda mengundang sebanyak 600 orang, kalikan 2, menjadi 1200 porsi. Mengapa? Karena kebanyakan tamu tidak akan datang sendirian bukan?. Selain itu pilihan menu gubug saat ini juga lebih diminati karena beragam masakan bisa diicip oleh tamu, tapi jangan sampai memilih menu aneh yang malah akhirnya nanti akan tersisa banyak.

 

  1. Undangan

Satu hal yang juga agak sulit adalah memilih undangan. Ada berbagai jenis undangan, hard cover, semi-hard cover, soft cover dan multi fungsi. Warna dan desain akan sangat berpengaruh pada kesan yang diberikan pada para tamu yang diundang. Dalam pemilihan undangan, pastikan jumlah tamu yang akan diundang. Prioritaskan saudara, lalu teman dan rekan kerja. Pastikan undangan sudah dipesan minimal 6 bulan sebelumnya agar terhindar dari keterlambatan proses pembuatan undangan dan pendistribusiannya.

 

  1. Souvenir

Souvenir bisa dibilang lebih mudah karena sekarang bermacam-macam souvenir sudah tersedia banyak. Range harga juga dibilang murah, mulai dari 1.500 hingga 20.000an. Pastikan jumlah souvenir sama dengan jumlah tamu yang diundang. Jika anda diberi fasilitas kartu pengambilan souvenir oleh pembuat undangan anda, maka sistem ini juga bisa dipakai. Dengan hal ini, bisa meminimalisir tamu mengambil souvenir berlebih. Souvenir bisa dipilih minimal 6 bulan sebelumnya karena jumlah barang yang tersedia bisa jadi sangat terbatas dan membutuhkan waktu lama untuk packing.

 

  1. Seragam

Hal yang tidak kalah pentingnya ialah pemberian seragam untuk saudara dekat atau sahabat. Pilih warna yang berbeda dari gaun yang anda pakai. Kalaupun sama, usahakan memilih kain yang simple. Jika anda cenderung ingin semua model seragam yang sama, sertakan desain baju pada saat anda memberikan kain. Anda bisa mencari kain minimal 6 bulan sebelumnya, sehingga proses menjahitnya juga tidak tergesa-gesa.

 

Banyak sekali bukan? Tentunya dengan persiapan sematang mungkin akan meminimalisir kekurangan yang terjadi pada saat hari H. Selamat menempuh hidup baru!

BAGIKAN : Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Related Posts

About The Author

Add Comment