Pengertian Cara Kerja Desalination Plant dan Peralatannya

Desalination Plant adalah suatu alat yang berfungsi untuk pengolahan air laut menjadi air tawar dengan menggunakan sistem penguapan (evaporasi) dan pengembunan (kondensasi).Pada proses destilasi, air laut dipanaskan, kemudian uap yang timbul didinginkan, sehingga akan didapatkan air tawar. Proses destilasi akan menghasilkan air tawar yang mempunyai konduktivitas sekitar 10 µs / cm.
Air laut akan mendidih pada suhu 100,50 C atau lebih pada tekanan 1 atm. Pada tekanan lebih rendah akan mendidih dan menguap dibawah 1000 C. Penguapan air membutuhkan kalor penguapan, dan kalor penguapan ini akan terkandung dalam uap sebagai panas latent. Panas latent ini akan dilepaskan kembali apabila uap diembunkan dan dipakai sebagai pemanas (preheat) air laut.
 
Desalination Plant PLTU Rembang, Destilation plant, MED,Multi Effect Destilation
Desalination Plant PLTU Rembang
Bagian-bagian utama dari desalination plant adalah :
1. Evaporator

Ruang penguapan antara stage dengan stage berikutnya yang bersekat-sekat, dihubungkan oleh orifice untuk mengatur suhu dan tekanan.

Tingkat penguapan menurut fungsinya dibagi menjadi :
  •  Heat rejection system (Tiga stage terakhir dari 20 stage.) Merupakan section pembuangan panas. Panas laten uap diserap oleh pendingin air laut.
  • Heat recovery system (17 stage pertama) Terjadi penyerapan panas oleh kondensor dari kalor laten uap.
2. Brine heater

Alat pemanas air laut/brine setelah keluar dari kondensor tingkat 1, untuk dialirkan ke flash chamber, dan air kondensatnya dialirkan ke deaerator unit

3. Ejector & condenser

Alat pembuat vacuum flash chamber, untuk membuang uadar dan gas-gas non condensable dengan menggunakan auxiliary steam dan air kondensasinya dimasukkan ke produk water atau ke flash chamber stage 20.

4. Brine recirculation pump

Memompa sea water (brine) dari stage 18 ke stage 17 sebagai penyerap panas dari uap flash evaporator di stage 1 sampai stage 17.

5. Blowdown pump

Membuang air brine di last stage.

6. Product water pump

Mengalirkan produk destilat ke fresh water tank.

7. Condensat pump

Mengalirkan air kondensat ke deaerator main unit.

8. Anti foam injection pump & antifoam tank

Mengalirkan anti foam ke make up sea water, sedangkan antifoam tank untuk penampungan antifoam yang dilengkapi agitator.

9. Polyphospat injection pump & polyphospat tank

Mengalirkan Polyphospat ke make up sea water, sedangkan polyphospat tank adalah tempat penampungan Polyphospat yang dilengkapi agitator.

10. Air compressor

Untuk udara kontrol instrumen dan untuk keprluan pemeliharaan.

 11. Power supply

Sebagai sumber daya untuk keperluan opersional desalination plant.

3 thoughts on “Pengertian Cara Kerja Desalination Plant dan Peralatannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *