Pengertian Efisiensi PLTU

Energi tidak dapat dibuat maupun dimusnahkan, akan tetapi dapat diubah bentuknya dari salah satu bentuk ke bentuk lain, misalnya energi kimia dalam bahan bakar diubah menjadi energi listrik yang dihasilkan oleh generator. Proses ini terjadi di PLTU. Idealnya, selama terjadi perubahan bentuk dari satu jenis energi ke energi lain, jumlah energi semula dengan jumlah energi akhir akan sama besar. Akan tetapi selama proses perubahan bentuk energi tersebut akan terjadi kehilangan-kehilangan baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja. Kehilangan-kehilangan ini lazim disebut LOSSES.
Kehilangan energi panas yang terjadi di PLTU, sebagian besar terjadi di Kondensor, yaitu terbuangnya panas akibat dibawa oleh air pendingin kondensor ke laut, sungai ataupun ke udara luar pada kondensor yang dilengkapi menara pendingin (cooling tower). Semakin besar losses akan semakin kecil efisiensi dan pada akhirnya biaya produksi energi listrik per KWh akan semakin tinggi.
Dengan memahami masalah efisiensi, diharapkan para operator dapat mengambil tindakan seperlunya agar unit PLTU yang dioperasikannya memiliki efisiensi tinggi dalam batas-batas operasi yang tetap aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *