Macam-Macam Gadget yang Perlu Anda Ketahui

Mungkin kita sudah familiar dengan istilah gadget, namun banyak dari kita yang belum mengetahui arti dari gadget itu sendiri. Biasanya kita sering menyamakan gadget dengan handphone, padahal gadget sendiri memiliki arti yang luas dengan berbagai jenis dan fungsi.

Perangkat yang dirancang dengan teknologi canggih dengan fungsi tertentu dan praktis atau mudah bagi penggunanya disebut gadget. Ukuran gadget ini umumnya kecil dan berguna baik dalam bentuk biasa maupun tidak biasa.

Jadi pada awalnya sebelum diperkenalkannya telepon genggam, alat komunikasi yang digunakan masih menggunakan perantara kabel (telepon) atau menggunakan sinyal radio dengan istilah Handy Talky (Walkie Talkie). Saat itu perangkat belum bisa disebut gadget karena penggunaannya masih terasa sulit, bobotnya masih besar dan tidak efektif.

Hingga akhirnya pada generasi 1 dan 2, peralatan telepon mulai dimodifikasi menjadi lebih ringan dan menggunakan antena mini dengan sinyal radio yang rendah sehingga aman untuk kesehatan penggunanya. Setelah memasuki generasi ke 3 mulai dikenalkan sistem operasi pada handphone.

Nah disini penggunaan internet mulai digencarkan atau bisa dibilang fungsi hp semakin dekat dengan PC. Dan pada akhirnya, memasuki generasi ke-4 hingga sekarang, istilah smartphone dengan segala kecanggihannya mulai bermunculan.

macam gadget

Apa Saja Macam-Macam Gadget?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, gadget bukan hanya sekedar handphone, handphone hanyalah salah satu jenis gadget. Jadi gadget itu banyak jenisnya, berikut macam-macam gadget yang perlu Anda ketahui:

  1. Ponsel

Macam-macam gadget yang pertama adalah handphone. Ini adalah perangkat paling populer di hampir semua kalangan masyarakat dari anak-anak hingga orang tua. Dari tahun ke tahun handphone ini berkembang sangat pesat.

Fungsi utamanya adalah sebagai alat komunikasi. Namun tidak hanya itu, seiring berjalannya waktu, ponsel memiliki banyak fungsi lain seperti menggali informasi, game, kamera, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Laptop
Baca Juga :   Tips Aman Penggunaan Gadget untuk Anak

Laptop merupakan modifikasi dari komputer PC sehingga menjadi lebih simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Perangkat laptop merupakan gadget kedua yang paling banyak digunakan oleh masyarakat luas.

Hampir sama dengan handphone, laptop juga mengalami banyak perkembangan sehingga memiliki banyak fungsi. Hal ini membuat merek-merek baru dengan teknologi tinggi semakin banyak bermunculan.

Pada umumnya orang menggunakan laptop untuk keperluan sekolah atau kerja. Gadget jenis ini membutuhkan sistem untuk menjalankannya. Beberapa sistem yang digunakan adalah Mac OS, Windows, Linux, dan lain-lain.

  1. Kamera Digital

Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda tentu tidak asing dengan kamera digital. Perangkat yang memiliki fungsi utama mengambil potret objek yang diinginkan ini telah beberapa kali dilakukan upgrade seperti memberikan lensa yang semakin canggih, bahkan sekarang sudah banyak kamera dengan istilah action cam.

Ada juga berbagai jenis kamera digital, seperti kamera saku, kamera DSLR, dan kamera mirrorless. Anda dapat menggunakan kamera digital untuk mengabadikan momen penting melalui foto atau video.

  1. Tablet

Jika laptop adalah modifikasi dari PC, maka tablet adalah modifikasi dari laptop. Bentuknya yang mini dan simpel serta mudah dibawa kemana-mana namun memiliki peran yang hampir sama dengan laptop. Jadi hampir mirip dengan handphone tapi ukurannya sedikit lebih besar.

Gadget semacam ini juga mampu menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih jelas daripada ponsel. Menggunakan tablet membuat pengguna lebih nyaman saat menggunakannya, misalnya mendesain, menonton, bermain game, dan melakukan aktivitas lainnya.

  1. Headphone atau Headset

Saat Anda menikmati musik menggunakan headphone atau headset, kenikmatan mendengarkan musik semakin nyaman dan menyenangkan. Manfaat lain menggunakan headset atau earphone ialah Anda tidak mengganggu orang lain saat sedang mendengarkan musik.

Baca Juga :   Cara Memasang Stabilizer Steer Ninja