3 Penyebab Ponsel Meledak: Pencegahan dan Penjelasannya!

Danangnugroho.com 3 Penyebab Ponsel Meledak: Pencegahan dan Penjelasan – Seiring berjalannya waktu, teknologi terus berkembang dan menghasilkan berbagai inovasi, termasuk dalam industri smartphone.

Ponsel pintar saat ini memiliki berbagai fitur canggih dan spesifikasi unggul yang membuatnya menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, penggunaan yang tidak tepat bisa menyebabkan kerusakan ekstrem, termasuk risiko ponsel meledak.

3 Penyebab Ponsel Meledak

3 Penyebab Ponsel Meledak

Artikel ini akan membahas tiga penyebab utama ponsel meledak dan cara pencegahannya.

1. Menggunakan Charger Tidak Original dan Kabel Rusak

Salah satu penyebab utama ponsel meledak adalah penggunaan charger yang tidak original. Baterai adalah komponen penting dalam ponsel yang sangat sensitif terhadap kerusakan.

Penggunaan charger palsu atau kabel yang rusak dapat menyebabkan baterai bekerja tidak semestinya.

Charger palsu sering kali tidak memenuhi standar keamanan yang diperlukan, sehingga bisa menghasilkan arus listrik yang tidak stabil.

Selain itu, kabel yang rusak dapat menyebabkan hubungan pendek atau korsleting, yang mengakibatkan baterai cepat panas.

Ketika baterai terlalu panas, terjadi reaksi berbahaya yang disebut ‘thermal runaway’, di mana suhu baterai meningkat dengan cepat, menyebabkan kebakaran dan potensi ledakan.

Oleh karena itu, selalu gunakan charger dan kabel yang original dan dalam kondisi baik untuk menghindari risiko ini.

2. Menutupi dan Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa menutupi ponsel saat mengisi daya dapat berbahaya.

Menutupi ponsel, misalnya dengan bantal atau selimut, dapat menghalangi pembuangan panas yang dihasilkan selama proses pengisian daya.

Baca Juga :   Sejarah Perkembangan Handphone dari Awal hingga Sekarang

Akibatnya, panas tersebut terperangkap dan menyebabkan baterai serta komponen lainnya menjadi terlalu panas.

Penggunaan ponsel saat sedang diisi daya juga merupakan kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan risiko overheating.

Saat ponsel digunakan dan diisi daya secara bersamaan, baterai bekerja lebih keras karena harus mengisi daya dan menyediakan energi untuk operasional ponsel.

Kombinasi ini dapat menyebabkan peningkatan suhu yang signifikan, lagi-lagi berpotensi memicu ‘thermal runaway’. Sebaiknya, biarkan ponsel tidak digunakan dan terbuka saat diisi daya untuk mencegah overheating.

3. Paparan Suhu Ekstrem

Suhu lingkungan yang ekstrem juga bisa menyebabkan ponsel meledak. Ponsel dirancang untuk beroperasi dalam rentang suhu tertentu, biasanya antara 0 hingga 35 derajat Celsius.

Paparan suhu yang sangat tinggi, seperti saat berada di bawah sinar matahari langsung di pantai atau dekat sumber panas seperti kompor, dapat meningkatkan suhu internal ponsel secara drastis.

Ketika ponsel terus-menerus terkena suhu tinggi, baterainya bisa rusak, yang pada akhirnya mengarah ke kondisi berbahaya seperti kebakaran atau ledakan.

Hindari meletakkan ponsel di tempat yang terpapar suhu ekstrem, dan jika ponsel terasa panas setelah digunakan, biarkan mendingin sebelum digunakan lagi.

Penyebab ponsel meledak yang telah dijelaskan diatas, adalah sesuatu yang harus dihindari dengan beberapa langkah pencegahan sederhana.

Selalu gunakan charger dan kabel original, hindari penggunaan ponsel saat mengisi daya, dan jauhkan ponsel dari paparan suhu ekstrem.

Dengan menjadi pengguna yang bijak, ponsel dapat tetap aman dan kerusakan berbahaya yang menyebab ponsel meledak dapat dihindari.