8 Tips Merawat Kesehatan Baterai iPhone

Danangnugroho.com 8 Tips Merawat Kesehatan Baterai iPhone – Merawat kesehatan baterai iPhone sangat penting untuk memastikan perangkat tetap berfungsi optimal dalam jangka waktu yang lama.

Tidak hanya membuat menjadi lebih efisien dalam menggunakan perangkat, tetapi juga menghemat biaya perbaikan atau penggantian baterai di masa depan.

Tips Merawat Kesehatan Baterai iPhone

Tips Merawat Kesehatan Baterai iPhone

Berikut adalah 10 tips efektif yang bisa dicoba untuk menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap awet:

  1. Menonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan

Banyak fitur pada iPhone yang dapat menguras baterai dengan cepat. Fitur seperti Background App Refresh, Bluetooth, Location Services, dan Push Notifications dapat menghabiskan banyak daya jika terus-menerus aktif.

Pengguna dapat menonaktifkan fitur-fitur ini melalui menu Pengaturan. Dengan mematikan fitur yang jarang digunakan, Akan dapat memperpanjang masa pakai baterai secara signifikan.

  1. Jaga Agar Baterai Tidak Sampai Habis

Baterai lithium-ion pada iPhone sebaiknya tidak dibiarkan habis sepenuhnya. Menggunakan iPhone hingga baterainya benar-benar habis dapat mempercepat penurunan kesehatannya. Jika iPhone menunjukkan tanda-tanda baterai akan habis, segera matikan atau isi daya.

Pengisi daya sebelum baterai benar-benar habis dapat membantu menjaga kesehatan baterai lebih lama.

  1. Hindari Mengisi Daya Terlalu Lama

Banyak orang mengisi daya iPhone sepanjang malam untuk memastikan baterai penuh di pagi hari.

Namun, kebiasaan ini dapat mempercepat penurunan kesehatan baterai. Disarankan untuk mencabut pengisian daya saat baterai mencapai sekitar 98%.

Baca Juga :   Memahami Pengertian Serta Sejarah Gadget

Jika perlu mengisi daya semalaman, aktifkan fitur Optimized Battery Charging yang mencegah pengisian penuh 100% secara terus-menerus, sehingga hanya akan terisi sesuai dengan yang dibutuhkan.

  1. Tidak Mengguunakan iPhone Saat Mengisi Daya

Penggunaan iPhone saat mengisi daya dapat menyebabkan perangkat panas, yang berdampak buruk pada kesehatan baterai.

Jika memungkinkan, hindari aktivitas berat seperti bermain game saat sedang mengisi daya. Sebaliknya, biarkan iPhone mengisi daya tanpa gangguan untuk menjaga suhu perangkat tetap stabil dan aman.

  1. Mengguunakan Adaptor dan Kabel Original

Menggunakan adaptor dan kabel pengisian daya yang asli atau berkualitas tinggi sangat penting. Adaptor dan kabel KW (tiruan) dapat menyebabkan pengisian yang tidak stabil dan merusak baterai iPhone.

Meskipun adaptor dan kabel asli mungkin lebih mahal, investasi ini akan membantu menjaga kesehatan baterai dalam jangka panjang.

  1. Isi Daya Pada Suhu Normal

Suhu ekstrem dapat mempengaruhi kesehatan baterai. Sebsiknya isi daya iPhone pada suhu ruangan yang normal, sekitar 16 hingga 22 derajat Celcius.

Dan hindari juga mengisi daya di ruangan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu ruangan yang ekstrem hanya akan membuat baterai cepat menurun karena kondisi tersebut dapat mempengaruhi stabilitas pengisian daya.

  1. Aktifkan Low Power Mode

Mode Hemat Daya (Low Power Mode) membantu mengurangi konsumsi baterai dengan membatasi aktivitas latar belakang dan mengurangi kecerahan layar.

Mode ini dapat diaktifkan melalui menu Pengaturan > Baterai. Dengan mengaktifkan Low Power Mode, pengguna dapat memperpanjang masa pakai baterai saat daya hampir habis dan belum bisa mengisi daya.

  1. Kurangi Kecerahan Layar

Kecerahan layar yang tinggi dapat menguras baterai dengan cepat. Atur kecerahan layar ke tingkat yang nyaman tetapi tidak terlalu terang. Bisa juga mematikan fitur Auto-Brightness untuk menghemat daya. Pengaturan kecerahan manual dapat membantu mengurangi konsumsi daya, terutama saat Anda berada di lingkungan dengan pencahayaan yang baik.

Baca Juga :   PERBANDINGAN IPHONE 13 & IPHONE 13 ProMax | kira-kira bagus mana ya geng's ?

Kesimpulan

Dengan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan dapat memperpanjang usia baterai iPhone dan menjaga performanya tetap optimal.

Selain itu, perawatan yang baik akan memastikan bahwa perangkat dapat digunakan dalam kondisi terbaiknya untuk jangka waktu yang lebih lama.