Cara Mendapatkan Centang Biru di Facebook

Danangnugroho.com Cara Mendapatkan Centang Biru di Facebook – Centang biru atau tanda verifikasi di Facebook menandakan bahwa sebuah akun atau halaman telah diverifikasi sebagai akun asli dari publik figur, media, atau merek terkenal.

Mendapatkan tanda verifikasi ini tidak hanya meningkatkan kredibilitas, tetapi juga meningkatkan visibilitas di platform.

Berikut adalah panduan lengkap untuk mendapatkan centang biru di Facebook.

Persyaratan Awal Untuk Mendapatkan Centang Biru di Facebook

Persyaratan Awal Untuk Mendapatkan Centang Biru di Facebook

Sebelum mengajukan permohonan untuk mendapatkan centang biru, pastikan bahwa akun atau halaman memenuhi beberapa persyaratan dasar:

1. Kepopuleran atau Kredibilitas

Facebook biasanya memberikan tanda verifikasi kepada akun yang dianggap penting secara publik. Termasuk selebriti, merek terkenal, organisasi media, dan tokoh masyarakat.

2. Kelengkapan Akun

Akun atau halaman harus memiliki informasi lengkap seperti bio, foto profil, dan postingan yang konsisten.

Pastikan informasi yang diberikan akurat dan relevan dengan identitas.

3. Keamanan Akun

Aktifkan autentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan akun. Hal ini menunjukkan bahwa pemilik akun menjaga akun dengan serius dan menghindari risiko peretasan.

Langkah-langkah Mendapatkan Centang Biru

1. Login ke Akun atau Halaman

Pertama, login ke akun Facebook yang ingin Anda verifikasi.

2. Akses Pengaturan

Klik ikon panah di pojok kanan atas Facebook, kemudian pilih “Pengaturan & Privasi” dan klik “Pengaturan”.

Baca Juga :   6 Aplikasi Filter Foto Terbaik untuk Android: Hasil Mirip iPhone

3. Verifikasi Akun

Di menu sebelah kiri, pilih “Akun Terverifikasi” atau “Halaman Terverifikasi” tergantung pada apa yang ingin diverifikasi.

4. Ajukan Permohonan

Klik “Minta Verifikasi” dan isi formulir yang tersedia. Pengguna akan diminta untuk memilih tipe akun (individu atau bisnis) dan kategori yang paling sesuai dengan profil.

5. Upload Dokumen Identifikasi

Untuk individu, harus mengunggah salinan identifikasi resmi seperti paspor atau KTP.

Sedangkan untuk bisnis atau organisasi, perlu mengunggah dokumen seperti tagihan utilitas, artikel pendirian, atau sertifikat pajak.

6. Alasan Verifikasi

Tulis alasan mengapa akun atau halaman harus diverifikasi. Jelaskan pentingnya akun dan bagaimana verifikasi akan membantu pengikut atau klien.

Sertakan bukti tambahan seperti link ke artikel berita atau website resmi yang menyebutkan tentang biodata pengguna atau bisnis yang dimiliki.

Tips Meningkatkan Peluang Verifikasi

1. Konten Berkualitas

Pastikan konten yang diposting berkualitas tinggi dan relevan dengan audiens. Konten yang menarik dan informatif lebih mungkin mendapatkan perhatian Facebook.

2. Konsistensi dan Aktivitas

Tetap aktif dengan posting secara teratur. Akun yang terlihat tidak aktif atau jarang update akan lebih sulit untuk diverifikasi.

3. Bangun Audiens

Mempunyai jumlah pengikut yang signifikan dan interaksi yang baik dengan pengikut dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan centang biru.

4. Promosi dan Liputan Media

Mendapatkan liputan dari media dapat membantu memperkuat permohonan. Tautkan liputan ini dalam alasan verifikasi.

Proses Verifikasi

Setelah mengajukan permohonan, Facebook akan meninjau aplikasi pengguna. Proses ini dapat memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Facebook akan memberitahu hasilnya melalui notifikasi di akun. Jika permohonan ditolak, pengguna bisa mengajukan kembali setelah 30 hari dengan memperbaiki dan menambahkan informasi yang diperlukan.

Baca Juga :   9 Aplikasi Edit Foto Terbaik yang Gratis dan Mudah Digunakan

Mendapatkan centang biru di Facebook memang memerlukan beberapa persiapan dan usaha, namun hasilnya dapat sangat bermanfaat untuk meningkatkan kredibilitas dan visibilitas akun. Dengan memenuhi persyaratan, menyajikan konten berkualitas, dan tetap aktif di platform, peluang untuk mendapatkan tanda verifikasi akan lebih besar.