Manfaat Gadget untuk Pengembangan Keterampilan Anak

Gadget merupakan salah satu alat komunikasi yang paling familiar digunakan oleh orang-orang dari segala usia. Bahkan anak kecil pun pandai menggunakan media komunikasi ini. Meminta anak untuk tidak menggunakan gadget sama sekali tentu bukan pilihan terbaik.

Di era digital seperti sekarang ini, orang tua perlu membimbing anaknya agar tidak hanya aktif di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya.

Orang tua perlu mengajari anak-anak mereka untuk menggunakan teknologi dengan cara yang sehat, sehingga anak-anak dapat mempelajari keterampilan dan kebiasaan yang akan membentuk mereka menjadi warga digital yang sukses di masa depan.

Gadget memang bisa berdampak buruk, apalagi jika digunakan secara berlebihan dan tanpa pengawasan orang tua. Padahal, banyak manfaat yang bisa diambil dari penggunaan gadget selama digunakan dengan benar dan dalam pengawasan orang tua. BerikutĀ  manfaat penggunaan gadget untuk perkembangan keterampilan anak.

gadget untuk anak
gadget untuk anak

Apa Saja Manfaat Gadget untuk Pengembangan Keterampilan Anak?

  1. Meningkatkan Keterampilan Membaca

Salah satu keterampilan yang perlu dimiliki anak adalah kemampuan mengenal huruf dan membaca. Namun dalam proses belajarnya, anak tidak boleh terlalu dipaksakan. Anak-anak juga perlu menggunakan media pembelajaran yang menyenangkan, misalnya dengan menonton video di YouTube tentang pengenalan huruf.

Setelah itu, orang tua dapat mengajak anak untuk meningkatkan kemampuan membaca pada tingkat yang lebih tinggi dengan menggunakan media permainan seperti Marbel Membaca. Dalam aplikasi ini anak-anak dapat bermain dan belajar membaca dengan cara yang menyenangkan

  1. Mengembangkan Karakter Anak

Setiap orang tua ingin anaknya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berakhlak mulia. Anak berkarakter perlu belajar berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari, tentunya dengan bimbingan dan pendampingan dari orang tua. Ada beberapa kebiasaan baik yang perlu diajarkan dan dipahami oleh anak Anda. Beberapa dari mereka adalah:

  • Adab saat berkunjung ke rumah teman.
  • Cara menjaga kebersihan tubuh.
  • Berperilaku baik saat bermain dengan teman.
  • Saling membantu dalam persahabatan.
Baca Juga :   Review Laptop Lenovo ThinkBook 14s G2 ITL

Masih banyak kebiasaan baik yang bisa diajarkan orang tua kepada anak. Agar anak dapat memahami berbagai kebiasaan baik dengan cara yang menyenangkan, orang tua dapat mengajak anaknya bermain dengan media aplikasi edu-game.

  1. Kembangkan Keterampilan Bahasa

Keterampilan berbahasa secara garis besar terbagi menjadi 2 yaitu keterampilan berbahasa lisan dan keterampilan berbahasa tulis. Bercerita dan mendengarkan cerita kepada anak usia dini dapat menjadi jembatan dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan dan tulisan anak.

Agar anak lebih terampil dalam berkomunikasi dan menulis, orang tua perlu berusaha untuk merangsang kemampuan bahasa anak dengan berbagai cara dan menggunakan berbagai media, misalnya dengan aplikasi yang berisi kumpulan dongeng.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Numerik

Kecerdasan numerik berkaitan erat dengan keterampilan anak dalam mengenal angka dan mengenal beberapa operasi aritmatika misalnya penjumlahan, pengurangan, dan konsep lebih besar atau lebih kecil.

Sebagai langkah awal, orang tua bisa mengajak anak menonton video tentang pengenalan angka. Untuk meningkatkan kecerdasan numerik anak, orang tua dapat mengajak anak bermain sambil belajar berhitung dengan aplikasi yang disediakan khusus untuk anak-anak.

  1. Sarana Pembelajaran Persiapan Masuk PAUD dan SD

Jika Anda memiliki anak yang berusia di atas satu setengah tahun, tentunya Anda sudah mulai berpikir untuk menyekolahkan anak Anda ke unit PAUD. Agar anak lebih siap saat memasuki unit PAUD, Anda bisa menemani anak dan mengajak anak belajar bersama dengan game edukasi.