Memahami Pengertian Serta Sejarah Gadget

Gawai atau yang biasa disebut dengan gadget merupakan alat komunikasi yang hadir karena kemajuan teknologi. Dunia teknologi yang berkembang pesat saat ini membuat gadget juga mengalami perkembangan yang pesat.

gadget
Misalnya, dulu Anda hanya bisa mendengarkan musik melalui radio, namun sekarang sudah banyak gadget yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik seperti MP3, iPod dan sebagainya.
Jika dilihat secara umum, pengertian gadget adalah sebuah alat elektronik yang mempunyai ukuran kecil. Gadget memiliki fungsi khusus dan sangat praktis untuk digunakan. Sedangkan menurut pendapat lain, gadget adalah perangkat elektronik kecil yang dapat dibawa kemana-mana dengan lebih mudah.
Gadget adalah kata serapan yang diambil dari bahasa Inggris yang jika diartikan sebagai sebuah perangkat elektronik kecil dengan fungsi khusus dan pasti mengalami pembaharuan. Gadget diidentifikasi dengan elemen baru yang membedakannya dari perangkat elektronik lainnya.
Setiap hari akan ada gadget baru yang muncul dilengkapi dengan teknologi terkini yang juga semakin canggih.
Sejarah Gadget
Sejarah gadget sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu menurut asal usul nama dan juga keberadaan gadget tersebut.
1. Sejarah Keberadaan Gadget
Awal kemunculan gadget sebenarnya tidak bisa dijelaskan secara tuntas. Hal ini dikarenakan kata gadget bukanlah lambang suatu barang atau benda tetapi merupakan klasifikasi dari banyak jenis komponen seperti handphone.
Untuk itu, jika berbicara tentang sejarah gadget, sama artinya dengan membahas sejarah perangkat mobile. Awalnya istilah handphone tidak dikenal karena alat komunikasi saat itu masih menggunakan perantara kabel atau menggunakan sinyal radio yaitu handy-talkie atau walkie-talkie.
Saat itu, perangkat telepon belum sepenuhnya disebut gadget karena penggunaannya masih relatif sulit di angka 35 kilogram. Kemudian pada generasi pertama dan kedua, ponsel ini dimodifikasi agar lebih ringan dan sudah menggunakan antena mini untuk menangkap sinyal radio.
Memasuki generasi ketiga, sistem operasi pada ponsel mulai diperkenalkan seperti Android, Symbian dan Java. Sejak saat itu, pengguna internet mulai diperkenalkan dan fungsi ponsel mulai mirip dengan PC. Sedangkan ketika memasuki generasi keempat hingga sekarang, muncul istilah smartphone yang menggunakan teknologi sinyal 4G.
2. Asal usul istilah gadget
Asal mula istilah gadget terdiri dari beberapa pendapat dan berikut beberapa diantaranya :
Abad ke-19: Konten gadget berasal dari lelucon di abad ke-19. Hal ini dibuktikan dengan anekdot penggunaan kata gadget dalam Oxford English Dictionary. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan objek yang digunakan oleh orang-orang dengan memori rendah yang muncul sekitar tahun 1850.
Gadget = Sengketa
Beberapa sumber mengatakan bahwa secara etimologis pengertian gadget adalah perselisihan. Ini tercipta ketika ada 3 orang yang sedang membangun Patung Liberty pada tahun 1886. Tiga orang Prancis bernama Cie, Gauthier dan Gaget berselisih soal miniatur patung tersebut.
Oxford Dictionary: Michael Quinion adalah seorang penulis dari Inggris yang menulis tentang asal usul istilah gadget di situs worldwords. Ia berpendapat bahwa gadget identik dengan perangkat mekanis kecil yang bentuknya tidak jelas tetapi baru dan cerdas.
Gadget diambil dari bahasa Prancis: Ada pendapat lain yang masuk akal dan mengatakan bahwa istilah gadget berasal dari kata Prancis gachette yang berarti melahirkan ide-ide baru.
Tahun 1956: Sampai tahun ini gadget terus dibicarakan. Reyner Banham, seorang kritikus arsitektur, menulis dalam The Great Gizmo, yang mendefinisikan gadget sebagai objek dengan karakteristik unik, memiliki unit kinerja tinggi dan dikaitkan dengan biaya dan ukuran.

Baca Juga :   Teori Dasar Listrik : Tegangan