Modifikasi Yamaha Scorpio Z 2008 korek harian

Malam ini pikiranku tiba-tiba teringat motor scorpioku di rumah yang sekarang berubah kembali ke tampang standar. Bagiku, bukan karena harganya, tapi kenangan bersama motorku ini tak akan pernah tergantikan, baik itu kenangan manis atau pun pahit.

Ngomongin masalah modifikasi scorpio ini dimulai dari mana ya? emm… awalnya motor ini dibeli dari gaji pertama kakaku yang bekerja di PLN, maklum kami berdua cowok yang doyan mainan motor namun sebelum kakakku bekerja kami hanya bisa melihat, maklum kami dari keluarga biasa saja. dan kami memang berprinsip untuk sesuatu yang bersifat hobby harus dari usaha kami. Pantang bagi kami untuk meminta ke orang tua. yah memang orang tua berkewajiban untuk menyenangkan anak… tp kami bukan seperti itu. Kami yang harus membahagiakan orang tua.

Pada waktu itu aku duduk kelas 3 SMA, ya sebelumnya saat telponan guyon-guyon aku ditanyain pengen motor apa. Kita selalu bertukar pendapat untuk hasil yg baik. Ga tau kenapa aku terbayang-bayang scorpio. padahal pada waktu itu scorpio tidak pasaran, harga jualnya anjlok, minim yang pake. But tetep pilihanku Yamaha Scorpio Z.Saat jam pelajaran hari sabtu, tumben si mas sms, “nang, ndang muleh…. mengko muleh sekolah g usah ngopi” maksudnya “nang, cepet pulang.. ntar pulang sekolah g usah ngopi” hehehhe sudah menjadi kebiasaan di kotaku anak SMA yang hobby ngopi nongkrong meskipun minumnya bukan kopi..hehehhee..

Scorpioku ini sudah berganti2 model yang terakhir ya seperti ini. 

Speknya dari sisi mesin tipe korek harian: porting polish, lepas paking silinder kop, karburator PE ori reamer 31mm, noken as racing bikinan bengkelku, set final gear 15-41 josss.. yah meskipun suara mesin agak berisik tapi wow tenaganyaa ampuun deh. Untuk pengapian aku tetep pake standar. karena sudah cukup banget buat harian ataupun touring.

Baca Juga :   Tips Cara Membuat Pengaman Scorpio

Untuk urusan body : kaki-kaki depan pake velg Rossi 2.50×17 dengan ban IRC 100/80-17 (copotan new CBR 150) cakram PSM  .. Belakang pake velg TDR 3.00×17 ban IRC 130/70-17 (copotan new CBR 150).

biar urusan shockbreaker nyaman Arm relay dan con rod modif ulang di tukang bubut dibikin teflon dan lubang vet. kenyamanan berkendara aku pasang stabilizer bottom shock made in sendiri selain itu aku pasang damper steer atau stabilizer steer. handlingnya nyaman buat ccornering di gunung lawu. body aku painting ulang di wanto airbrush ungaran jadi warnanya kelihatan blink karena clearnya kelihatan basah.

lampu depan pake replika HD reflektor Depo, dudukan dibuat dari akrilik 😀 modal kreatif.

untuk kelistrikan : sistem pengisian udah aku rubah fullwave, pasang alarm, pasang stabilizer pengisian, lampu senja dari led superflux bikinan sendiri, bohlam depan H4 100/90 watt .

oh iya sekalian promosi, kalo mau bikin rangkaian fullwave, reamer karbu PE, pasang alarm, bikin stabilizer bottom shock aku bisa buatin tinggal sms aku aja 085790204060. udah nih aku mau ngeshift malem, mau cek lokal di turbin

*update foto silahkan klik modifikasi yamaha scorpio minimalis

18 comments

  1. istimewa…

  2. Danang Nugroho

    hehehe makasih mas boss 😀

  3. full wave ngefek g mas bro

  4. Danang Dwi Nugroho

    ngefek maksutnya kemananya mas?

  5. Korek harian plus ngrubah jd fulwave hbs brp duit mas bro??
    Yg garap bngkel mana?gw d skhj..

  6. Danang Nugroho

    kalo mau bikin fullwave saya bikinin mas.. saya sedia paket fullwave PNP scorpio tinggal pasang

  7. Aku punya pio 06, pengin fullwave anggarannya brp?

  8. Danang Nugroho

    kalo fullwave saja 300rb mas udah sekalian pasang.. kalo relay set+kiprok pnp 230 udah sama soket2 komplit

  9. Lokasi di mana mas bro … ???

  10. Turbin ndi mas bro?giringan opo golang?kerjone nang turbin barang ta?podo lek ngono.sampean save no hp ku mas bro,aku mariki arep bangun scrorpio harian.tak parani lak nang magetan ae,soboku kono iku biyen.oyi mas bro iki nomer hp ku 085646779777

  11. Danang Nugroho

    siap mas.. kabar2 saja 😀

  12. Oky Wijayantha

    mas mw nanya kalo porting polish sama lepas paking silinder kop apa ya dampaknya + dan – pada mesin?
    dari segi daya tahan mesin, konsumsi BBM dll ..
    soalnya kapan hari nanya mau porting polish (sekur) , malah balik ditanya "wong mesin ga ngrembes knp di skur?" . eman-eman katanya gitu.

    mksih mas bro

    • Danang Nugroho

      porting polish itu beda ama skur om..
      kalo porting polish itu memodifikasi lubang inlet dan outletnya yang ada di silinder head itu..yang jelas aliran bahan bakar dan gas buang jadi lancar.. untuk standaran mending polish aja pak.. dihalusin bagian inlet outletnya ..

      kalo skur itu merapatkan sitting klep.. akibat pemakaian biasanya sitting klep tidak rata sehingga bocor kompresi, meskipun bocor dikit akan berpengaruh ke mesin, untuk mengatasi makanya di skur.. 🙂

  13. Oky Wijayantha

    Jadi intinya ga berdmpak negatif sma skali ya mas…
    mkasih pncerahannya. Mklum ane rakyat jelata mas ..hhehe

  14. mas kalau mau ngereamer karbu sendiri gimana, mohon pencerahannya…?

  15. plus pencerahan tentang set final gear 15-41…?

  16. Danang Nugroho

    reamer sendiri pake bor.. tp ati2 aja klo blm bisa 😀
    set gear tergantung trek aja .. mau pake jauh dekat, spek kaki2, yg jelas power mesinnya juga pengaruh sama set gear pake berapa 🙂

  17. kalau ke tukang bubut ngomongnya gimana terus kira2 harganya berapa?

Leave a Reply