MOTOR LISTRIK GESITS BUATAN ANAK BANGSA AKANKAH JADI SOLUSI NAIKNYA BBM SAAT INI ?

Industri otomotif tidak ada habisnya untuk dibahas, kian majunya era perindustrian kecanggihan otomotif,sehingga membuat perusahaan-perusahaan berbondong-bondong menciptakan motor listrik.

Perusahaan besar PT. WIKA menggandeng SMK menghasilkan sebuah karya motor Listrik, yaitu Sebut saja motor listrik buatan anak bangsa merk GESITS ,sudah mulai dipasarkan di Indonesia. Bahkan diperkirakan hingga 50 tahun mendatang motor berbahan bakar minyak akan tergantikan dengan motor listrik.

Motor listrik Gesits mengusung model skuter matic menggunakan tenaga listrik dengan daya motor 5KW. dengan sekali pengisian daya, motor listrik Gesits bisa digunakan untuk berkendara sejauh kurang lebihnya hingga 50 kilo meter untuk baterai tunggal & tersedia juga baterai gandanya untuk 100 kilo meter.

Spesifikasi baterai:

lithium-ion 72 Volt/20 Ah.

Jarak Tempuh untuk 1 baterai hingga 50 Km.

Waktu Pengisian membutuhkan waktu 3 hingga 4 Jam dan Garansi Baterai diperkirakan hingga 3 Tahun. Untuk pengecasannya baterainya bisa dilepas dan diganti, bisa juga dicarger langsung dengan menggunakan kabel.


Keunggulan Motor gesits ini jelas ramah lingkungan karena tanpa gas pembuangan. mudah dalam pengoperasiannya, serta mudah dalam perawatan karena tidak perlu perawatan dan servis berkala seperti motor konvensional, hanya saja waktu ada komponen yang rusak perlu penggantian saja. Selain itu dipasaran, tidak semua motor listrik menggunakan van belt. Adanya van belt ini jadi poin penting yang perlu diperhatikan pemilik kendaraan, untuk diganti jika sudah aus atau jika kinerjanya sudah mulai tidak optimal lagi.

Bukan berarti kesempurnaan milik motor listrik Gesits, selain itu ada juga kekurangan motor listrik Gesits yaitu minimnya ruang pada bagasi, misal mau naruh barang belanjaan, tas dan helm, jelas tidak mencukupi. dikarenakan bagasi motor Gesits hanya cukup untuk menaruh Jas hujan saja atau untuk menaruh celana dan baju itupun mesti dilipat kecil dulu supaya cukup. Selain itu juga perlu waspada dan diperhatikan juga jika jas hujan setelah selesai digunakan yang dalam kondisi masih basah, sebab lokasi menaruh jas hujan tersebut bersentuhan langsung dengan tempat baterai berada. Jadi kalau sehabis basah-basahan, ada baiknya jangan langsung meletakkan jas hujan di bagasi motor. Alangkah baiknya di keringkan dulu. Hal ini untuk Mencegah terjadinya hubungan arus pendek.

Baca Juga :   Jual Tangki CB Dream 305 dan CB 160

Sebenarnya ada tempat dibawah jok cukup luas itupun untuk menaruh baterai sisi kiri sedangkan sisi kanan tempat menaruh charger baterai. Selain kukurangan ruang pada bagasi, adalagi masalah tempat pengisian baterai yang masih belum menyeluruh di daerah indonesia. Memang untuk saat ini motor Gesits ini masih diperuntukkan kalangan ojek online sperti gojek dan grab. Kedepannya Perusahaan PT.WIKA bisa terus memperluas outlet-outlet tempat pengecasan motor listrik Gesits ini hingga ke desa desa. Sehingga sesuai dengan harapannya hingga 50 tahun kedepan motor konvensional dapat tergantikan oleh motor listrik.

Dari segi kualitas dan kuantitas sudah tidak diragukan lagi. Untuk mengenai harga motor listrik Gesits model skuter dibanderol dengan harga kurang lebihnya Rp 28 jutaan. Harga 28 jutaan termasuk kategori mahal, untuk kalangan masyarakat menengah kebawah. apalagi untuk ngojek. diharapkan ada pilihan Varian/Type yang lebih murah. Sehingga masyarakat luas bisa menjangkaunya.(ind)