Cara Memasang Relay Klakson

Cara pasang relay klakson pada motor dan mobil. Klakson pada mobil atau motor yang belom dipasang relay umunya suaranya kurang keras. Hal ini disebabkan karena kontaktor pada saklar tidak kontak secara sempurna sehingga arus yang masuk ke klakson kurang (baca: tegangan ngedrop), padahal klakson memerlukan arus yang kuat. Untuk mengatasi masalah tersebut maka saya ingin berbagi cara memasang relay untuk klakson.

skema relay klakson

Alat dan bahan:

– Relay kaki 4 merk Hella/Bosch/dll. beserta soketnya. Sebenarnya relay kaki 5 juga bisa asal yang kaki no 87 dan 87a tersambung (NO : normally open).

– Kabel diameter 1mm

– Sekring 10A

– Skun /konektor

– Tang dan isolasi

skema relay klakson

Cara Pasang:

  1. Cari tempat dimana klakson dan relay akan dipasang.
  2. Rangkai kabel seperti skema, atur supaya rapi.gunakan isolasi biar tambah aman sambungannya.
  3. Kaki relay 85 dan 86 ke kabel klakson ori (bolak-balik terserah)
  4. Kaki relay 30 menuju ke +12v aki, jangan lupa pasang sekring sebagai pengaman
  5. Kaki relay 87 menuju ke salah satu kutub klakson (terserah bolak-balik bisa). Kutub klakson yang satunya langsung ke massa. Dalam pemasangan gunakan skun/konektor yang bagus biasanya merk utilux.

Cara Kerja: Ketika kunci ON arus dari aki masuk ke relay tapi relay belum aktif, ketika saklar klakson ditekan maka relay baru aktif karena massa tersambung.  Ketika relay aktif maka di dalamnya terjadi kontak antara kaki 30 dan 87, sehingga arus dari aki masuk ke klakson. Klakson langsung berbunyi karena massa klakson langsung tersambung ke body. Kurang jelas? silahkan berikan komentar di bawah 🙂

semoga bermanfaat 🙂

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

cara pasang relay hella set klakson mobilhttps://danangnugroho com/cara-memasang-relay-klakson/
Baca Juga :   Foto Modifikasi RX King Korek Harian