Pengertian Serta Sejarah Singkat Gadget

Saat ini teknologi berkembang sangat pesat, sehingga tidak heran jika belakangan ini istilah perangkat atau device baru sering muncul. Hal ini sangat wajar mengingat kebanyakan orang mendambakan kemudahan dan salah satu bentuknya adalah berupa kecanggihan teknologi yang digunakan.

Salah satu istilah yang paling banyak diperbincangkan adalah gadget. Meski sudah sering dibahas, ternyata masih banyak yang belum mengetahui definisi sebenarnya dari gadget ini. Apa saja contoh gadget dan fungsi apa saja yang bisa kita dapatkan dari gadget itu sendiri.

Menanggapi hal tersebut, pada kesempatan kali ini kami bermaksud untuk membahas lebih jauh tentang pengertian gadget beserta sejarah singkat. Dengan pemahaman yang benar tentunya kita bisa lebih bijak dalam menyikapi perkembangan teknologi saat ini. Berikut pembahasan lengkapnya di bawah ini:

gadget
Ilsutrasi Gadget

Pengertian Gadget

Kemajuan zaman yang sangat pesat saat ini telah memunculkan berbagai macam fenomena perkembangan teknologi yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya.

Contohnya adalah ketika dulu kita hanya bisa mendengarkan musik melalui radio dimana lagu-lagu yang diputar tidak selalu sesuai dengan keinginan kita, namun sekarang sudah ada Mp3 Player dengan berbagai macam lagu dalam koleksi kita dan dapat diputar kapan saja.

Kemudian ada juga perangkat komputer yang hampir selalu kita jumpai dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Beberapa contoh di atas merupakan manifestasi dari penggunaan gadget. Pengertian gadget sendiri adalah alat atau perangkat yang dirancang dengan teknologi canggih dengan fungsi yang lebih spesifik dan praktis atau mudah bagi penggunanya.

Salah satu gadget yang keberadaannya paling penting dan berkembang pesat dari dulu hingga sekarang adalah ponsel atau biasa dikenal dengan smartphone. Awalnya ponsel atau handphone digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh tanpa perantara.

Baca Juga :   Macam-Macam Gadget yang Perlu Anda Ketahui

Namun dengan berbagai macam perkembangan smartphone juga dapat digunakan untuk keperluan internet, mendengarkan audio video, games, sebagai komponen media sosial, untuk mengambil foto dan banyak lagi. Hal ini merupakan wujud dari peran vital gadget bagi masyarakat luas.

Sejarah Singkat Gadget

Sejarah atau awal mula munculnya gadget sebenarnya tidak terlalu dijelaskan secara lengkap mengingat kata gadget tidak melambangkan suatu benda atau barang, melainkan klasifikasi dari beberapa jenis komponen seperti handphone.

Oleh sebab itu, ketika kita membahas sejarah atau awal mula gadget, sama halnya dengan kita membahas sejarah perangkat mobile itu sendiri. Pada awalnya istilah handphone tidak dikenal, karena alat komunikasi masih menggunakan perantara kabel telepon atau menggunakan sinyal radio dengan istilah Handy Talkie (sekarang Walkie Talkie).

Saat itu perangkat telepon belum bisa disebut full gadget karena penggunaannya masih terasa sulit, padahal beratnya sekitar 35 kilogram sehingga kurang efektif. Dan akhirnya pada generasi 1 dan 2, perangkat telepon mulai dimodifikasi menjadi lebih ringan dan menggunakan antena mini dengan sinyal radio rendah sehingga aman untuk kesehatan pengguna.

Dan pada akhirnya, setelah memasuki generasi ke-3, sistem operasi untuk ponsel (Java, Symbian dan Android) diperkenalkan. Disini penggunaan internet juga mulai terlihat, bisa dibilang fungsi handphone semakin mendekati PC. Dan saat memasuki generasi ke-4 hingga sekarang, istilah smartphone dengan teknologi sinyal 4G mulai bermunculan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian gadget beserta sejarah singkat yang perlu anda ketahui. Penggunaan gadget yang benar juga dapat mendorong produktivitas kerja Anda, salah satunya adalah menghemat waktu saat mengerjakan tugas.