Teori Vibrasi

Secara visual vibrasi adalah gerakan bolak balik dari suatu mesin, yng dapat dirasa dengan tangan atau oleh seluruh tubuh kita, yang dikenal sebagai getaran.
vibrasi
Sebagai ilustrasi lihat Gambar 1. Sebuah piringan yang sedang berputar pada tepinya ditempeli sebuah pemberat hingga unbalance. Maka timbullah gaya sentripetal oleh pemberat tersebut, yang berusaha menarik piringan itu keluar dari perputarannya secara radial.
Pada posisi A dan C, gaya sentripetal menurut arah vertikal adalah nol. Pada posisi B dan D, gaya sentripetal adalah positif maximum (upper limit) dan negatif maximum (lower limit).
Lihat Gambar 1. Akibat dari gaya-gaya ini jika kita pandang pada arah vertikal (posisi B dan D), maka titik putar piringan akan tergeser keatas dan kebawah karena elastisitasnya, searah dengan gaya yang dideritanya.
Pergeseran ini disebut displacement yang besarnya tergantung dari elastisitas material dan bobot pemberat. Oleh karena piringan terus berputar, maka pergeseran ini akan berlangsung terus menerus secara bolak balik yang disebut vibrasi. Secara matematis vibrasi mempunyai karakteristik yang disebut Parameter-parameter vibrasi.

Review Android Smartphone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *