Cara Memeriksa Aki Sering Tekor

Cara mengetahui penyebab aki tekor pada motor atau mobil secara gampang. Pernah tidak teman-teman mengalami aki tekor ketika kendaaraan dalam keadaan mati/tidak aktif? sebenarnya ada cara mudah untuk mengetahui penyebab aki tekor tersebut. Menurut pengalaman saya sih seperti ini :
Jika aki sering tekor maka :
  1. Periksa air aki, apakah pada batas normal. Jika kurang tambah air aki dengan air aki biasa, bukan accu zuur.
  2. Periksa sambungan kabel/terminal pada aki, pastikan kencang dan tidak terdapat kerak. 
  3. Periksa sistem pengisian, caranya dengan mengukur voltase output pengisian dari kiprok yang menuju ke aki. Normalnya sekitar 13volt (motor halfwave), dan 14-15 volt max (motor fullwave kiprok tiger). Untuk mobil sekitar 13,8-14 volt
  4. Cara terakhir adalah memeriksa apakah ada perangkat yang konslet sehingga ketika kontak OFF, perangkat tersebut masih saja menggunakan arus listrik dari aki. Caranya adalah dengan menggunakan bohlam 12v 3watt atau 5watt yang dipasang seri antara positif aki dengan kabel utama (lihat gambar B). Indikasinya jika kontak OFF dan lampu tersebut menyala, berarti ada komponen yang masih menggunakan arus. Silahkan dicek perangkat apakah itu. Jika lampu tidak menyala berarti rangkaian aman.
  5. Sesuaikan antara kapasitas aki dengan perangkat (variasi) yang digunakan. Jangan sampai kebutuhan lebih dari pemasukan (pengisian)
rangkaian cek aki
Semoga bermanfaat 🙂

2 thoughts on “Cara Memeriksa Aki Sering Tekor”

  1. Makasih mas atas tipsnya, aki saya tiba-tiba tekor, padahal sebelumnya oke2 saja. Setelah dicas bisa, tapi keesokan harinya tekor lagi..Ada saran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *